Dispora Makassar Bakal Cari Milenial Mandiri, Kreatif dan Inspiratif dalam Duta Pemuda

oleh -138 views
oleh

MAKASSAR – Untuk para generasi milenial kota Makassar, jangan sampai ketinggalan. Kini, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar mengajak generasi milenial untuk menjadi duta pemuda yang mandiri, kreatif dan menginspirasi.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Makassar, Muhammad Dasysyara Dahyar, mengatakan, pendaftaran peserta dibuka mulai 12-31 Juli 2022.

“Atau bisa juga datang langsung ke Kantor Dispora Makassar di Gedung Balai Kota Jalan Ahmad Yani,” kata Dee, sapaan akrabnya, Jumat (15/7/2022).

Syarat lain, calon duta pemuda bukan seorang ASN, TNI/Polri. Itu dibuktikan dengan membuat surat pernyataan lengkap dengan materai.

Peserta juga tidak berafiliasi dengan partai politik, itu dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai. Termasuk juga melampirkan surat keterangan dokter sebagai tanda bukti sehat jasmani dan rohani.

“Paling penting itu berpenampilan menarik dengan tinggi dan berat badan proporsional. Serta mampu berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa Indonesia dan menguasai bahasa asing, minimal bahasa Inggris,” bebernya.

Anak muda yang ingin menjadi duta juga tidak terlibat pergaulan bebas dan penyimpangan perilaku lainnya serta mau mengikuti seluruh tahapan pemilihan.

“Peserta wajib meng-upload foto close up dan seluruh badan. Pengumuman seleksi akan kita umumkan di laman Instagram @Dispora_Makassar,” katanya.

Kepala Dispora Makassar, Andi Pattiware, mengajak semua anak muda Makassar yang memenuhi syarat untuk ikut ambil bagian dalam pemilihan duta pemuda.

Pemilihan ini, kata dia, sebagai upaya pemberdayaan pemuda oleh Dispora Makassar sekaligus untuk mendorong anak muda untuk berperilaku positif.

“Kita berharap melalui pemilihan ini lahir pemuda yang mandiri, kreatif, dan bisa menginspirasi anak muda lainnya,” ucapnya.

Adapun persyaratan diantaranya, warga negara Indonesia (WNI) yang masih berusia 16-30 tahun dan tinggal atau berdomisili di Makassar.

Calon duta pemuda juga harus berpendidikan. Minimal lulusan SMA se-derajat atau sedang kuliah dibuktikan dengan scan ijazah terakhir.

Semua dokumen seperti KTP, ijazah terakhir, dan akta kelahiran di-scan lalu di-upload di formulir pendaftaran via online di dispora.makassarkota.go.id.(*)