Dilarang Pemerintah Pusat, Danny Sarankan Open House Lewat HP Saat Lebaran

oleh -103 views
Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengingatkan pejabat maupun aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tidak melaksanakan open house sesuai instruksi Pemerintah Pusat. Dirinya lantas menyarankan jika open house bisa dilakukan via handphone (HP) di momen Idul Fitri 2022.

“Dengan segala hormat, kita open house lewat HP saja,” ucap Danny saat ditemui usai salat Idul Fitri di Lapangan Karebosi Makassar, Senin (2/5/2022).

Diketahui larangan open house menjadi ketentuan Pemerintah Pusat. Kebijakan ini diatur Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) nomor B/123/M.KT.02/2022, tanggal 19 April 2022.

“Open house tidak diperkenankan. Jadi kami mohon maaf karena ini aturan,” tegasnya.

Danny menilai meski masih ada batasan, namun pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini perlu disambut suka cita. Sejumlah aktivitas bahkan sudah muai dilonggarkan pemerintah tanpa mengabaikan protokol kesehatan.

“Jadi karena kita baru saja melaksanakan puasa di bulan Ramadan jadi kita harus berprasangka baik,” tuturnya.

Apalagi warga Kota Makassar pun menyambut Idul Fitri ini dengan menggelar takbir bersama di Anjungan Pantai Losari sebelumnya. Bagi Danny, ini sudah menjadi momen yang terbaik sejak pandemi dua tahun terakhir.

“Kita tidak pawai takbir, tapi kita takbir di satu tempat dan penyelenggaraan takbir sangat luar biasa sekali,” ujar Danny.

Salat Idul Fitri pun bisa digelar secara berjemaah di Lapangan Karebosi. Sejak dua tahun terakhir lokasi tersebut ditutup untuk salat Idul Fitri maupun Idul Adha.

“Ternyata antusias masyarakat luar biasa. Mulai dari tadi malam terlihat sekali bagaimana kerinduan masyarakat bertakbir,” pungkasnya.(*)