Rakor PKH Ujung Tanah, Ibrahim Tekankan Penerima harus layak, Memenuhi Syarat

oleh -90 views

MAKASSAR—Camat Ujung Tanah Ibrahim Chaidar Said menekankan agar masalah Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi perhatian para Lurah sehingga ke depan data penerima bantuan adalah mereka yang benar-benar layak dan memenuhi syarat.

Hal ini disampaikan Camat Ujung Tanah saat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di aula Kantor Camat Ujung Tanah, Jumat (11/2/2022).

Ibrahim berharap agar para Lurah bersama-sama untuk ikut mengawal, terutama mengawal data penerima hingga sampai ke Muskel nantinya di gelar.

”Masalah ini (PKH) menjadi perhatian para Lurah sehingga ke depan data penerima bantuan adalah mereka yang benar-benar layak dan memenuhi syarat yang akan diusulkan,” ucapnya.

Camat juga meminta agar dibuatkan group Whatsapp bersama dengan para Lurah dan Pendamping PKH se kecamatan Ujung Tanah yang dapat di gunakan sebagai group koordinasi dan info seputar PKH di kecamatan Ujung Tanah.

Pada kesempatan itu, Camat Ujung Tanah Ibrahim Chaidar Said menyambut baik kegiatan rakor bersama dengan pendamping PKH. “Semoga sinergi dan koordinasi dapat semakin ditingkatkan,” tutupnya.

Korkot PKH Kota Makassar Nabahan, SE menjelaskan, PKH ini merupakan program nasional untuk memutus mata rantai kemiskinan. Program ini adalah program bersyarat sehingga tidak semua yang miskin bisa menjadi KPM PKH.

Nabahan juga menjelaskan bagaimana proses dan siklus seseorang bisa ditetapkan hingga menjadi peserta KPM PKH.

“Jika saatnya semua sudah harus by sistem, termasuk rencana digelarnya muskel yang akan menjadi kesepakatan bersama untuk menetapkan siapa yang layak dan siapa yang tidak lagi layak menjadi penerima bantuan di PKH sendiri,” harapnya.

Nabahan menjelaskan, telah menetapkan sistem survei Sagis, dimana semua KPM PKH akan di survei dan di foto secara langsung lewat aplikasi Sagis, baik orangnya maupun rumahnya.

Sementara itu, semua pendamping PKH di Kecamatan Ujung Tanah berkomitmen untuk siap menjalin koordinasi dan terus meningkatkan sinergi bersama, termasuk bila diperlukan pelibatan KPM PKH untuk kegiatan kerja bakti bersama.

Turut hadir pada kegiatan ini, Koordinator PKH Kota Makassar Nabahan, para Lurah dan tiga orang pendamping PKH Kecamatan Ujung Tanah. (*)