Perlu Kesadaran Bersama Jaga Lingkungan Lorong Tetap Bersih

oleh -87 views

MAKASSAR – Merawat kebersihan lingkungan agar tetap bersih, nyaman dan sedap dipandang mata, menjadi tugas serta kesadaran bersama. Namun tidak sedikit pula dari warga yang kurang memupuk kesadarannya menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal terutama di lorong.

Oleh karena itu, penting bagi warga kepada pemerintah di kecamatan membuat sebuah terobosan yang dapat dorong kesadaran para warga bersama-sama merawat lingkungan tempat tinggalnya. Dari cara sederhana yakni dimulai diri sendiri.

Camat Bontoala, Arman, mengatakan telah menghadirkan sebuah program yang dianggap mampu mendongkrak rasa empati serta kesadaran warga agar lebih peduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya.

Program itu sambung Arman, dinamai Gammarrirong atau Gerakan Mandiri Bersih Lorong. Terobosan ini diharapkan mampu mengubah prilaku tidak peduli, menjadi lebih peduli pada kebersihan.

“Jika lingkungan bersih tentu akan menciptakan suasana indah dan nyaman buat semua. Kebersihan pun mampu menunjang kesehatan warga yang tinggal di sekitarnya,” kata Arman, Kamis (30/06/2022).

Dia menambahkan, Gammarrirong secara langsung akan beradaptasi dengan program unggulan pemerintah kota yaitu lorong wisata (Longwis).

Untuk menyukseskan pelaksanaan Gammarrirong, sambung Arman, melibatkan masing-masing kelurahan dan pengurus RT-RW. Mereka memiliki tugas mengajak dan menyadarkan warga terlibat menjaga kebersihan lingkungan.

“Gammarrirong atau Gerakan Mandiri Bersih Lorong sudah berjalan di masing-masing wilayah. Gerakan ini benar-benar sangat menunjang kesuksesan Longwis,” tambahnya.(*)