Danny Pajang 3 Rumah Adat Sulsel di Resepsi Pernikahan Putrinya, Ini Pesannya

oleh -106 views
oleh
Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memajang tiga rumah adat Sulawesi Selatan (Sulsel) di lokasi resepsi pernikahan putri sulungnya Aura Aulia Imandara Pomanto dengan dr Udin Saputra Malik. Danny ingin tamunya melihat pesona rumah adat tradisional Bugis, Makassar dan Toraja.

“Kami berdua latar belakang arsitek makanya kami tampilkan rumah adat Bugis Makassar dan Toraja,” ucapnya dalam sambutan resepsi pernikahan putrinya di Upper Hills Convention Hall, Sabtu (8/5/2022).

Menurut Danny, masyarakat hanya mengetahui rumah panggung merupakan bentuk rumah adat Sulsel. Namun kata Danny, banyak yang tidak tahu membedakan rumah adat Bugis dan Makassar.

“Di sebelah kiri saya, inilah rumah Bugis cirinya adalah anjong. Di sebelah kanan saya inilah rumah Makassar, anjong itu menjadi ciri rumah Bugis,” ujarnya.

Danny menuturkan pihaknya ingin tamunya yang berasal dari berbagai daerah bisa melihat pesona rumah adat tradisional Sulsel.

Tamu undangan pernikahan putrinya disebutnya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sehingga Danny ingin tamunya nanti melihat pesona dari rumah adat tradisional Sulsel.

“Rumah Bugis dan Makassar begitu eloknya sehingga kita tampilkan dan kita lihat juga rumah Toraja, lumbung atau alang,” ungkapnya.

Sejumlah pejabat dan tokoh nasional hadir. Di antaranya Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, senator DPD RI Lily Amelia Salurapa, anggota DPR RI La Tinro La Tunrung, juga tampak hadir Bupati Buton Utara Ridwan Zakariah.

Di luar gedung, karangan bunga berjejer sekitar 1 kilometer. Ada karangan bunga dari Mendagri Tito Karnavian yang sebelumnya direncanakan jadi saksi namun urung datang.

Juga ada karangan bunga dari Menparekraf Sandiaga Uno dan Mensos Tri Rismaharini. Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berhalangan hadir hanya mengirimkan video ucapan selamat karena masih di luar Jakarta.(*)