Berikut Perbandingan Iphone 12 dan 11, Simak Sebelum Membeli!

oleh -21 views

Baik iPhone 12 maupun iPhone 11 adalah ponsel keluaran brand Apple yang punya citra positif sebagai ponsel dengan teknologi super mutakhir di kalangan pengguna gawai di berbagai penjuru dunia. Tidak mengherankan jika model ponsel lama pun masih diminati sekalipun model baru sudah dirilis.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli salah satu di antara kedua ponsel yang laris di pasaran tersebut, tentu, lebih bijaksana jika Anda membandingkan fitur-fiturnya terlebih dahulu untuk melihat model mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keadaan dompet.

Perbandingan Iphone 12 dan 11 Wajib Anda Simak

Mengingat harga iPhone 11 dan iPhone 12 memang punya selisih yang lumayan jauh, yakni iPhone 11 di kisaran harga Rp 7 juta, iPhone 12 128 GB yang dilepas di pasar dengan harga Rp10 juta, dan iPhone 12 256 GB yang dibanderol di harga Rp14 jutaan, maka mengetahui perbandingan iPhone 12 dan 11 menjadi hal yang wajib Anda lakukan sebelum membeli.

1.   Display

Meski sama-sama memiliki ukuran layar sebesar 6,1 inci, kedua ponsel tersebut memiliki jenis layar yang berbeda. Jika iPhone 12 dilengkapi dengan layar Super Retina XDR, maka iPhone 11 hanya dibekali dengan layar Liquid Retina HD.

 

Perbedaan dari kedua jenis layar tersebut adalah pada aspek kualitas warna. Layar Super Retina yang diusung oleh iPhone 12 dibuat menggunakan OLED yang menghasilkan warna yang lebih cerah dan daya yang lebih sedikit ketimbang layar Liquid Retina HD yang hanya menggunakan LCD.

2.   Chipset

Dalam dunia komputer, istilah chipset mirip dengan motherboard yang mengatur hubungan antara berbagai komponen di dalam komputer mulai dari CPU, GPU, memori, dan berbagai komponen lainnya. iPhone 12 dan iPhone 11 sendiri ditenagai dengan chipset yang berbeda.

Chipset A13 Bionic pada iPhone 11 menjamin kinerja ponsel yang cepat dan kuat sehingga kecil kemungkinan bagi Anda untuk mengalami lag saat memainkan gim atau memutar video pada ponsel.

Sementara itu, chipset A14 Bionic yang diusung oleh iPhone 12 menjanjikan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan chipset A13 Bionic hingga 50% dan membuat penggunaan daya ponsel lebih hemat saat menjalankan berbagai aplikasi di ponsel.

3.   Jaringan

Kecepatan jaringan adalah salah satu poin lain yang menjadi unggulan dari ponsel iPhone 12 dibandingkan iPhone 11. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat iPhone 12 memang sudah menawarkan jaringan 5G, sedangkan iPhone 11 masih menggunakan jaringan 4G.

Sementara itu, diketahui bahwa kecepatan tertinggi jaringan 4G yang hanya 100 Mbps jelas kalah jauh dibandingkan dengan kecepatan paling tinggi yang bisa dicapai oleh ponsel berjaringan 5G, yakni hingga 10 Gbps.

4.   Ketahanan Baterai

Dari segi kapasitas baterai, iPhone 11 lebih unggul dibandingkan iPhone 12 dengan daya baterai sebesar 3110 mAh yang dibekali dengan pengisi daya sebesar 18W. Sementara itu, iPhone 12 hanya mengusung baterai berkapasitas 2815 mAh untuk mendukung kinerja ponsel.

Sekilas iPhone 11 jelas terlihat lebih mumpuni dalam aspek ketahanan usia baterai. Namun, seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, keberadaan chipset A14 Bionic pada iPhone 12 mampu membuat daya baterai bertahan lebih lama.

5.   Dimensi

Walaupun memiliki ukuran layar yang sama-sama 6,1 inci, dimensi ponsel iPhone 11 dan iPhone 12 cukup berbeda. iPhone 12 memiliki panjang 146,7 mm, lebar 71,5 mm, tebal 7,4 mm, dan bobot 162 gram. Sementara itu, iPhone 11 tampil lebih bongsor dengan panjang 150,9 mm, lebar 75,7 mm, tebal 8,3 mm, dan bobot 194 gram.

Mengetahui informasi pembeda dari fitur-fitur yang dimiliki oleh ponsel iphone 12 dan iPhone 11 dapat mempermudah tugas Anda untuk membandingkan kedua produk tersebut sebelum membeli. Anda bisa membeli ponsel tersebut di gerai-gerai konvensional maupun online di e-commerce kepercayaan Anda.

Blibli merupakan salah satu e-commerce terpercaya yang bisa Anda jadikan tujuan berbelanja. Di Blibli, Anda bisa memperoleh produk dengan kualitas original tetapi memiliki harga terjangkau. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai promo potongan harga, gratis ongkir, dan jaminan pengiriman super cepat di Blibli.

The post Berikut Perbandingan Iphone 12 dan 11, Simak Sebelum Membeli! appeared first on Accarita.