Pendaftaran Direksi-Dewas BUMD Makassar Sepi Peminat, Hanya 10 Orang!

oleh -144 views
oleh
Makassar – Pendaftaran lelang jabatan direksi dan dewan pengawas (dewas) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Makassar masih sepi peminat. Pendaftaran sudah tutup hari ini dan baru 10 orang yang menyetor berkas lamaran, dari total 36 formasi yang yang dibutuhkan.

“Kalau sesuai schedule itu hari ini jam 16.00 Wita (pendaftaran ditutup),” ujar Ketua Panitia Seleksi (Pansel) BUMD Makassar Andi Siswanta Attas, Senin (23/5/2022).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar ini melanjutkan, masa pendaftaran pun berpotensi ditambah. Langkah itu bakal diambil jika yang memasukkan berkas lamaran tak kunjung bertambah.

“Tapi kita lihat dulu pendaftaran apakah mencukupi kuota untuk pendaftar, kalau tidak mencukupi, kita buka (perpanjang) 3 hari,” lanjut dia.

Dari data yang dihimpun dari pansel lelang BUMD Makassar, dari 10 orang yang mendaftar sejak 19 Mei 2022, posisi pimpinan di PDAM Makassar memiliki peminat terbanyak. Dengan masing-masing 4 orang yang mendaftar pada posisi direksi dan dewas.

Selanjutnya Bank Perkreditan Rakyat (BPR) masing-masing 2 pendaftar posisi direksi dan dewas. Selanjutnya PD Parkir masing-masing 3 direksi dan dewas, lalu PD Pasar juga masing-masing 3 direksi dan dewas.

Kemudian ada masing-masing 3 pendaftar di posisi direksi dan dewas PD Rumah Potong Hewan (RPH). Lalu PD Terminal Makassar Metro masing-masing 2 pendaftar posisi direksi dan dewas.

“Tetapi ada dua opsi, kalau ada BUMD yang sudah mencukupi itu (pendaftarnya), bisa kita lanjutkan, ataukah kita skip dulu, kita pending untuk mencukupi itu semua, kita menambah tiga hari (masa pendaftaran),” papar Siswanta.

Namun, Siswanta belum sesumbar terkait opsi perpanjangan masa pendaftaran sampai ditetapkan lewat rapat bersama pansel. Selain itu, keputusan skema lelang jabatan tetap melalui koordinasi Wali Kota Makassar.

“Nanti kita lihat keputusannya pada rapat pansel, apakah sudah bisa kita lanjut sesuai dengan agenda, ataukah ada bagaimana itu tergantung dengan rapat panselnya. Tetapi tetap harus kita laporkan pada pimpinan dalam hal ini pak wali kota, kita melapor bahwa belum mencukupi,” paparnya.

Meski demikian, Siswanta optimis pendaftar masih akan bertambah jelang penutupan. Alasannya, peserta masih banyak yang melengkapi berkas pendaftaran.

“Saya rasa hari ini banyak pendaftar karena ini masing-masing BUMD menjanjikan untuk Pemkot. Tapi saya rasa masih banyak yang mengurus berkas persyaratan,” tuturnya.

Sebelumnya Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto turut mempersilakan penjabat (Pj) direksi dan dewas perusahaan daerah (perusda) ikut seleksi jika berkenan.

“Terserah dia (Pj direksi BUMD) kalau mau maju, silahkan (ikut seleksi),” ucap Danny saat dikonfirmasi, Kamis (12/5/2022).

Danny tidak mempermasalahkan jika masih berstatus Pj ikut mendaftar tanpa harus diganti atau mundur lebih dulu. Pasalnya tidak boleh ada kekosongan jabatan dalam BUMD saat ini.

“Bisa (ikut seleksi), kan tidak boleh ada kekosongan toh,” tandas dia.

Diketahui, perusda diisi direksi berstatus Pj setelah Wali Kota Makassar mencopot direksi dan dewan pengawas Desember 2021. Selanjutnya dibentuk Tim Percepatan BUMD sekaligus penunjukan Pj direksi perusda dengan alasan pembenahan total BUMD Kota Makassar.(*)