Pemkot Makassar Tunjuk Puskesmas Mangasa Jadi Titik Penilaian Adipura 2022

oleh -71 views

MAKASSAR – Puskesmas Mangasa menjadi andalan Pemerintah Kota Makassar. Puskesmas ini ditunjuk dalam salah satu penilaian Adipura 2022.

Kepala Puskesmas Mangasa, drg Gempita Anggun Ramadhani Putri, terus berbenah dalam penilaian Adipura 2022. Pelayanan dan renovasi terus dilakukan.

“Alhamdulillah Puskesmas Mangasa dari sekian Puskesmas yang ada dan dinilai dalam Adipura 2022. Tim menunjuk kita sebagai salah satu indikator penilaian,” kata drg Gempita dalam keterangannya, Senin (15/8/ 2022).

Puskesmas Mangasa ini akan dinilai langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup. Penilaian akan dilakukan Bulan Agustus 2022 ini.

“Kita yakin nilainya bagus karena Puskesmas kita memang kerap menjadi contoh bagi puskesmas lain,” jelasnya.

Pengelolaan sampah medis, instalasi pengelolaan air limbah dan taman menjadi andalan Puskesmas ini. Ia yakin Makassar akan kembali mendapat Adipura 2022.

“Kita maksimalkan ini dan pelayanan terbaik diberikan bagi seluruh masyarakat. Sebelum penilaian Adipura juga kita sangat maksimal,” terangnya.

Untuk layanan sendiri, dokter gigi ini mengandalkan layanan home care dari rumah ke rumah warga.

“Pelayanan terus dilakukan sampai jam dua siang. Tapi kita tetap ada home care juga selalu jalan, vaksin tetap jalan termasuk booster juga,” paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengapresiasi sejumlah tempat yang menjadi penilaian Adipura. Puskesmas yang ditunjuk juga memiliki kinerja baik.

“Ada lima Puskesmas yang dinilai,” kata Danny Pomanto.

Menurut Danny, masih ada beberapa yang perlu disempurnakan dalam penilaian Adipura. Meski menurutnya, ada penilaian yang paling utama.

“Bagus itu (Puskesmas Mangasa) di luar itu tadi (TPA), tapi semua yang menentukan syarat, tapi syarat kunci itu di TPA saya coba turun tangan,” jelasnya.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Jabbar, mengatakan, penilaian Adipura telah disiapkan. Pihaknya masih menunggu kedatangan tim dari pusat.

“Sudah disiapkan dan kami masih menunggu dari Kementerian,” katanya.

Jabbar menjelaskan, Puskesmas menjadi salah satu bagian yang akan dilakukan penilaian. Iapun yakin Puskesmas yang ditunjuk merupakan Puskesmas terbaik yang dapat dinilai.

“Tentu yang terbaik dari sejumlah Puskesmas yang ada. Makanya kami yakin ini mendapatkan nilai terbaik nantinya,” paparnya.

“Jadi Adipura itu adalah penilaian, menilai fisik kebersihan suatu kota juga menilai data kebijakan dan strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga,” tutupnya. (*)