PBB Dukung Pemilu Proposional Tertutup, Baso Patarai: Kami Satu Komando

oleh -50 views

MAKASSAR – Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Dewan Pimpinan Cabang Partai Bulan Bintang (DPC PBB) Makassar, Baso Patarai siap menjalankan instruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) terkait dukungan proposional tertutup di Pemilu 2024.

“Kami di DPC PBB Makassar mendukung pemilu dengan sistem proporsional tertutup dan kami satu komando dengan Ketua Umum PBB Yusril Izha Mahendra,” tegas Ketua Bappilu DPC PBB Makassar Baso Patarai, Senin (20/3/2024).

Olehnya itu, kata Baso Patarai, bacaleg DPC PBB Makassar sudah siap bertarung di Pemilu 2024.

“Bacaleg PBB sudah sangat siap menyambut pesta Pemilu 2024 dengan sistem tertutup,” paparnya.

Menurut Baso Patarai, Pemilu merupakan ajang pestanya partai bukan perorangan, sehingga wajar jika proposional tertutup diterapkan pada pemilu 2024.

Sebelumnya Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra nampaknya bakal melanjutkan safari politik dengan agenda untuk “promosi” sistem Pemilu proporsional tertutup.

Yusril menyebut, partainya mengambil sikap untuk menghendaki sistem proporsional tertutup, seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“PBB sebenarnya menghendaki Pemilu dengan sistem tertutup, barangkali cuma tinggal PDIP dan PBB yang menghendaki sistem itu,” kata Yusril dilansir dari kompas tv.

Untuk diketahui, sistem proporsional tertutup memungkinkan para pemilih hanya disajikan logo partai politik (parpol) saja di surat suara mereka, bukan nama kader partai yang mengikuti pemilihan legislatif (pileg).

Lebih lanjut, Yusril menjelaskan alasan partainya untuk mendukung sistem proporsional tertutup untuk Pemilu 2024 mendatang.

“Mengapa kita berpikir seperti itu, oleh karena demokrasi kita telah mengalami pergeseran yang luar biasa dari kekuatan rakyat menjadi kekuatan uang, kekuatan modal,” jelasnya.

“Orang tidak perlu dikader, didik di partai dan tidak perlu harus berjenjang dari bawah dalam kepengurusan, tiba-tiba karena punya uang, populer, direkrut jadi caleg dan terpilih akhirnya¬†jadi anggota DPR yang jauh dari harapan kita,” tukasnya.

The post PBB Dukung Pemilu Proposional Tertutup, Baso Patarai: Kami Satu Komando appeared first on Accarita.