Kembangkan Makassar Metaverse, Diskominfo Siapkan Platform Aplikasi

oleh -108 views

MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar tengah merampungkan platform yang dapat menunjang pengembangan konsep metaverse yang kini sudah siap dilakukan oleh masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Kepala Diskominfo Makassar, Mahyuddin menjelaskan, dalam menerapkan konsep metaverse, platform benar-benar sangat dibutuhkan. Baik dari aspek hardwarenya maupun softwarenya. Terlebih akan menggunakan VR (Virtual Reality).

“Kami masih tahap menyusun platform untuk menyatukan aplikasi yang ada di pemkot. Platform berbasis aplikasi ini untuk menghimpun semua aplikasi masing-masing SKPD,” jelas Mahyuddin, Senin (16/05/2022).

Lebih jauh lagi Mahyuddin mengatakan bahwa inovasi yang dibuat SKPD pemerintah kota berbasis website, tergolong konsep metaverse. Olehnya, tugas Diskominfo Makassar pertama menyediakan perangkat mendukung pelaksanaan.

Sementara untuk pengadaan perangkat VR Oculus Quest, mulai dianggarkan melalui APBD perubahan. Kuantitas unit VR Oculus Quest diberikan kepada SKPD sesuai kebutuhan atau berdasarkan pengusulan yang diajukan.

Perangkat VR Oculus Quest mampu menampilkan simulasi gambaran dunia. Benar-benar mirip seperti dunia nyata. Karena pandangan untuk dunia 3D ditemukan bila orang menggunakan kacamata tersebut. Sensasi semakin naik lewat suara dari headset yang disediakan.

“Setiap SKPD yang sudah ada websitenya, mereka tinggal mengembangkan website masing-masing. Adapun Oculus kami anggarkan di APBD perubahan. Ini sementara kami kaji dan belum juga ada pengusulan untuk perubahan,” tegasnya.(*)