Jokowi Longgarkan Aturan Masker, Wali Kota Danny Siapkan Perwali

oleh -117 views
oleh
Makassar – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyebut kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melepas masker di luar ruangan akan segera diikuti. Danny menyebut akan menyiapkan peraturan wali kota (perwali) nanti.

“Kalau sudah ada surat (resmi), ini kan baru statement, saya akan bikin perwali,” ungkap Danny, Rabu (18/5/2022).

Namun Danny menuturkan pelonggaran ini bukan berarti bebas tidak pakai masker di semua tempat. Ini hanya berlaku untuk kegiatan di luar ruangan.

“Sekarang sudah bebas. Kalau dalam ruangan masih (wajib pakai masker). Saya kira itu harus kita sambut dengan sukacita,” bebernya.

Danny menambahkan, pola hidup sehat mesti tetap dijalankan kendati ada pelonggaran penggunaan masker. Menurutnya, menjaga kesehatan diri tetap utama.

“Seperti harus tetap rutin olahraga dan menjaga makanan,” pungkas Danny.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kebijakan terkait pelonggaran penggunaan masker. Masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan diperbolehkan tidak memakai masker.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022). Kebijakan pelonggaran masker ini memperhatikan kondisi COVID-19 yang semakin landai.

“Pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker,” ujar Jokowi.

Sedangkan masyarakat yang sedang berada di ruangan tertutup tetap harus menggunakan masker. Selain itu, lansia dan orang dengan komorbid juga tetap disarankan memakai masker.

“Namun kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker. Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas,” imbuh Jokowi.(*)