Event F8 Makassar Bangkitkan Ekonomi Rakyat

oleh -104 views
oleh

JAKARTA, – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto memastikan, kegiatan Makassar Internasional Eight Festival and Forum atau F8 Makassar akan kembali digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada 7-11 September 2022.

Festival Internasional yang dimulai sejak 2016 ini sempat terhenti pada 2019 karena pandemi.

“Rencananya akan kembali kita gelar pada September tahun ini. Temanya adalah Artificial Intelligence. Ada metaverse nanti,” kata Danny Pomanto saat Jakarta, Kamis (16/6/2022).

F8 adalah festival seni, budaya, dan hiburan yang terdiri dari 8 kegiatan yang dimulai dengan huruf F yaitu food, flower, fashion, film, fiction writer, fussion jazz, folk, dan fine art.

Sejak tahun kedua, F8 telah masuk dalam 10 event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Di tahun ini, F8 juga lolos masuk dalam program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2002 yang diluncurkan Menparekraf Sandiaga Uno pada Maret lalu.

KEN 2022 dicanangkan Kemenparekraf untuk mempromosikan pariwisata unggulan daerah. Harapannya, akan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.

Danny mengungkapkan, F8 memang ia gagas sejak awal untuk menjadi kegiatan tahunan internasional guna memberi daya tarik pariwisata bagi kota Makassar sekaligus aktivitas ekonomi.

“Festival ini memberikan multiplier effect (efek berganda) bagi perekonomian di kota Makassar. Semua sektor ekonomi terlibat. Kita berharap F8 di bulan September nanti mampu membangkitkan ekonomi masyarakat yang terpuruk karena pandemi,” kata Danny. (**)