Empat Proyek Strategis Pemkot Makassar Bakal Dialihkan Jadi Multiyears

oleh -136 views
oleh

MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menegaskan pembangunan empat proyek strategis akan menggunakan konsep multiyears.

Keempatnya, Makassar Corp City Arena (Macca), Sekolah Terintegrasi, Mal Pelayanan Publik (MPP), dan Sirkuit Untia.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Helmy Budiman.

Dia mengatakan konsep multiyears untuk keempat proyek tersebut tengah dirancang pemerintah dikarenakan tahun ini belum bisa direalisasikan.

Sebab kata dia, ada beberapa kendala yang dihadapi OPD terkait sehingga pembangunan keempat proyek ini terpaksa harus ditunda.

“Jadi empat proyek yang tidak bisa jalan tahun ini kita alihkan menjadi proyek multiyear, dan tahun ini sudah harus jalan manajemen kontruksinya,” kata Helmy, Selasa (26/7).

Helmy mendorong OPD untuk menuntaskan semua yang menjadi kendala. Termasuk soal lahan yang belum tuntas. Sehingga keempat proyek ini bisa rampung 2024 nanti.

Dengan konsep multiyears, Helmy berharap proyek strategis yang dibangun pemerintah kota bisa maksimal dan memiliki kualitas yang jauh lebih bagus.

Sebab menurut dia, jika tetap dipaksakan untuk pengerjaan satu tahun anggaran maka hasilnya berpotensi tidak berkualitas.

“Jadi semua kita kejar, ada yang kita tergetkan rampung 2023 dan ada yang 2024. Sementara disusun skemanya oleh OPD masing-masing,”tuturnya.

Helmy juga mengingatkan kepada OPD terkait untuk mematangkan berkas administrasi agar proyek tersebut bisa ditender lebih awal.

“Setelah mendapat persetujuan dari dewan bisa langsung kita tender dini. Nanti kita ajukan MOU-nya pada saat pembahasan KUA-PPAS APBD-P,” tutupnya.(*)