Diskusi Intensif Delegasi Makassar dan Gold Coast, Kepala Bappeda Ungkap Kesamaan Pengembangan Smart City Kedua Kota

oleh -122 views
oleh

GOLD COAST — Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto bertemu dengan Wali Kota Gold Coast Australia Tom Tate, Senin (11/7/2022). Banyak hal yang didiskusikan oleh wali kota Makassar dan jajaran perangkat daerah yang turut mendampingi.

Kepala Bappeda Kota Makassar Helmy Budiman yang turut serta dalam kunjungan tersebut menyampaikan pentingnya peran serta pihak swasta dalam mengembangkan program smart city di suatu daerah. Pengembangan smart city tidak bisa jika hanya bersandar kepada pemerintah semata karena pendanaan yang dibutuhkan cukup besar.

Helmy mengatakan, terdapat kesamaan antara Makassar dan Gold Coast dalam pengembangan smart city. Hal itu terungkap usai diskusi intensif antara delegasi Makassar dan pihak Gold Coast di Ruang Pertemuan Dewan Kota Gold Coast.

“Banyak kebijakan serupa yang diambil kedua kota dalam pengembangan kota pintar di tempatnya masing-masing. Seperti penyediaan wifi gratis, penggunaan big data, pengembangan inkubator bisnis, dan penggunaan kendaraan listrik yang menunjang perekonomian lokal,” kata Helmy dalam rilisnya.

Kepala Bappeda mengapresiasi pertemuan ini sebagai bagian dari kemajuan pembangunan di Kota Makassar. Pertemuan dalam rangka twinning city ini juga menjadi media untuk diskusi dan bertukar pikiran mengenai pengembangan smart city di kedua kota.

Manager Pengembangan Ekonomi Kota Gold Coast, Nick McGuire menyambut baik diskusi yg berlangsung intensif tersebut. Menurutnya, banyak hal yang dapat dikerjasamakan dengan Makassar ke depannya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Danny Pomanto dalam sambutannya mengatakan, hubungan Makassar dan Australia telah terjalin sejak 300 tahun lalu. Saat pelaut Makassar tiba di Northern Territory dan berinteraksi dengan penduduk asli melalui kegiatan perdagangan dan maritim.

“Hubungan Makassar – Gold Coast hanya berlangsung selama 3 tahun, namun hubungan Makassar – Australia telah terjalin selama lebih dari 300 tahun,” kata Danny di hadapan Wali Kota Gold Coast.

Makassar dan Gold Coast berkolaborasi dalam Twining Program AASCTF. Program ini merupakan agenda kedua kota untuk saling berbagi ilmu dan praktik terbaik, saling memanfaatkan kekuatan, sekaligus saling membantu dalam menangani isu global hingga lokal.

Danny mengatakan, saat Makassar belajar dari mentornya Gold Coast tentang cara meningkatkan berbagai perencanaan dan praktik perkotaan, Gold Coast dapat mengambil manfaat dari bonus penduduk Makassar (atau pemasok pekerja) dan potensi ekonomi lainnya. Hubungan timbal balik ini, kata Danny harus ditingkatkan.

“Tahun ini, Makassar dan Gold Coast telah merancang program yang akan dilaksanakan, yakni 3 webinar dengan fokus area antara lain: Perubahan Iklim, Pariwisata, dan Transportasi yang layak huni dan cerdas, mulai akhir Agustus. Kami berharap Twinning Program ini dapat produktif dan bermanfaat bagi kedua kota tersebut,” kata wali kota Makassar dua periode itu.(*)