Diskominfo Makassar Siapkan Layanan Bantuan Pendaftaran PPDB SD-SMP

oleh -108 views
IST

Makassar – Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Makassar mendukung kelancaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022 tingkat SD-SMP. Pihaknya menyediakan layanan bantuan bagi orang tua atau calon peserta didik untuk pendaftaran (registrasi) PPDB yang digelar secara online.”

Khusus orang tua siswa yang masih terkendala dengan kuota internet,” beber Kepala Diskominfo Makassar Mahyuddin, Minggu (10/6/2022).

Layanan khusus registrasi PPDB online itu berada di ruangan aula Kantor Diskominfo Makassar Jalan AP Pettarani. Layanan dibuka mulai 20-24 Juni, lalu berlanjut di 29 Juni-3 Juli 2022 pada hari jam kerja.

Bagi peserta atau orang tua yang ingin menggunakan layanan tersebut, Diskominfo Makassar menyediakan 7 unit PC dengan kecepatan internet yang cukup memadai.

“Dilengkapi 7 unit PC (personal computer) dengan Internet High Access (70-90 MBPS),” terang Mahyuddin.

Dia merincikan dukungan Diskominfo Kota Makassar dalam PPDB Makassar, yakni jaringan didicated unlimited high access dengan kecepatan 150 Mbps. Server VPS (virtual private server) kategori HCI (High Convert Infrastructure) sebanyak 3 VM (Virtual Machine) spesifikasi masing-masing, prosesor 16 core, RAM 128 GB, kapasitas 1 Tera (1000 GB).

Diskominfo Makassar juga telah menyiapkan sejumlah petugas yang akan membantu proses pendaftaran. Orang tua/peserta cukup datang ke pusat layanan dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan untuk pendaftaran PPDB.

“Mereka hanya datang di Dinas Kominfo, dengan membawa persyaratan yang digunakan dalam PPDB,” kata Mahyuddin.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Makassar Muhyiddin menjelaskan, pihaknya juga menyediakan operator di setiap sekolah untuk membantu orang tua/peserta yang terkendala pendaftaran PPDB online.

“Jadi kita buka juga sekolah, di samping juga Diskominfo. Artinya bagi masyarakat, boleh juga ke sekolah langsung,” terang Muhyiddin, Minggu (19/6/2022).

Pendaftaran PPDB akan dilaksanakan secara online. Portal pendaftaran dapat diakses pada hari Senin (20/6) mulai pukul 08.00 Wita melalui link https://simulasippdb.makassarkota.go.id/.

“Jadi kita mulai besok, tahapan pendaftaran jalur zonasi,” kata Muhyiddin.

“3 negeri, 2 swasta, lima (totalnya). Alternatif semua, untuk mengatasi semua itu. Jadi kita minta, wajib tetap dia pilih untuk sekolah swasta,” jelasnya.