Diskominfo Makassar Kembali Tambah Jumlah CCTV di Sejumlah Wilayah Rawan Perang

oleh -128 views
oleh

MAKASSAR– Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, kembali menambah jumlah kamera pengintai atau CCTV di beberapa Wilayah.

Khusunya, yang ada di Daerah Utara kota Makassar, seperti kecamatan Tallo dan Ujung Tanah. Sebagai wilayah yang dianggap rawan terjadi perang kelompok.

Kepala Diskominfo Makassar, Mahyuddin mengatakan bahwa, setidaknya ada sebanyak 4 unit CCTV yang diusulkan dan saat ini akan memasuki tender di LPSE.

Menurut Mahyuddin, hal ini sebagai tindak lanjut dari instruksi Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, agar di lokasi rawan perang kelompok dipasangi kamera pengintai.

“Ada beberapa yang perlu kami tambah sekaitan dengan kamtibnas dan sering terjadi perkelahian kelompok. Di barukang sudah ada perubahan sejak pemasangan CCTV,” kata Mahyuddin, Kamis (31/3/2022).

Mayhuddin menambahkan, pengusulan kamera pengawas di Utara kota merupakan upaya meminimalisir terjadinya perang antar kelompok.

Apalagi kata dia, wilayah yang ada di Utara Kota Makassar, menjadi daerah yang kerap adanya aksi perang kelompok.

“Kita tidak ingin ada lagi perang dan dengan CCTV ini bisa dengan cepat RT/RW atau bahkan kepolisian melerai jika ada indikasi melalui kamera pengawas yang kita pasang,” bebernya.

Meski demikian, masih akan dilakukan kajian dalam perencanaan dan disesuaikan dengan kebutuhan jaringan. “Insyaallah, tahun ini kita bisa realisasikan pengadaan empat unit CCTV,” terangnya.

Lanjutnya, saat ini, ada sebanyak 184 kamera CCTV telah dipasang pemerintah di berbagai titik. Sebagian besar masih berfungsi dan terpantau langsung melalui ruang kontrol atau warroom Balaikota.

“Ada 184 kalau dari segi 80 persen yang menyala untuk sementara,” pungkas Mahyuddin.(**)