Dishub Kota Makassar Terima Kunjungan Rombongan Dishub Sinjai

oleh -84 views
oleh

MAKASSAR – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Irman Hud menerima Kepala Dishub Kabupaten Sinjai, Andi Irransyahrani bersama rombongan untuk melakukan studi tiru di Kantor Dinas Perhubungan Kota Makassar, Jl.Mallengkeri, Selasa (8/3/2022).

Andi Irransyahrani mengatakan bahwa kehadirannya bersama rombongan pada prinsipnya untuk studi tiru terkait persoalan khususnya lingkup Dinas Perhubungan.

Dia berharap agar kebijakan yang sudah diterapkan di Kota Makassar, dapat diaplikasikan di dishub kabupaten Sinjai, diantaranya pengelolaan perusahaan angkutan yang minimal harus berbadan hukum.

Lebih lanjut Andi Irransyahrani menuturkan, bahwa kendala yang dihadapi di Kabupaten Sinjai umumnya para pengusaha angkutan masih mengelola usahanya secara perorangan, dan para pengusaha malah cenderung tidak mau untuk melakukan penggabungan diri dalam suatu badan hukum. Salah satu faktor adalah kepercayaan dan mereka sangat ragu dengan kepemilikan aset.

“Inilah kami datang ke kota Makassar untuk melihat bagaimana langkah-langkah yang mereka tempuh seperti apa yang mereka lakukan dan Apa saja keuntungan yang ditawarkan Apabila para pengusaha ini sudah bergabung dalam badan hukum koperasi, serta bagaimana mendapatkan insentif pajak 30% s/d 70% per tahun dan inilah yang menjadi daya tarik nanti teman-teman untuk bisa bergabung di koperasi,” tegas Andi Irransyahrani.

Andi Irransyahrani, berharap kehadirannya bersama rombongan datang di kegiatan studi tiru di dishub Makassar tersebut, tentunya setelah dilakukan kunjungan ini apa yang bisa pelajari di sini dan kita terapkan di dishub Sinjai.

“Selanjutnya apa yang bisa kami terapkan di Kabupaten Sinjai, harapan saya dan seluruh teman-teman nanti yang menjadi pengusaha angkutan bisa menjadi anggota dalam koperasi sehingga keringanan kemudahan yang ditawarkan oleh pemerintah untuk mendapatkan keringanan pajak, misalnya, bisa mereka dapatkan,” tukasnya.

Sementara itu kadishub Kota Makassar Iman Hud menuturkan, bahwa Organda Sinjai datang studi banding untuk bersilaturahmi dan studi tiru mengenai bagaimana manajemen transportasi di kota Makassar, sekaligus membahas mengenai pendapatan sektor perhubungan dan lainnya

“Berbicara soal kelebihan dan kekurangan di lingkup dinas perhubungan Makassar, Dishub Sinjai juga punya kelebihan. Intinya kita saling berbagi mencari solusi dalam rangka mengatasi persoalan transportasi baik yang ada di Sinjai maupun di Makassar. Jadi kita berharap kunjungan dari teman-teman Dishub Sinjai ini disampaikan dengan silaturahim untuk kita berdiskusi berbincang-bincang tentang pandangan transportasi dan mudah-mudahan pertemuan ini bisa dilanjutkan lagi,” tegas Iman Hud.

Melalui pertemuan tersebut Iman Hud berharap ada semacam kesatuan visi dan misi pemikiran, wawasan yang sama dalam rangka mengatur atau memitigasi transportasi yang menyangkut tentang transportasi di jalan.

“Apakah itu masalah parkirnya masalah PHD-nya masalah angkutan kota, angkutan penumpang sehingga terjadi sinergitas, karena jalan itu walaupun berbeda wilayah itu satu kesatuan dari apa jalan-jalan itu adalah urat nadi perekonomian makanya menjadi penting,” pungkas Iman Hud.(**)