Camat Wajo Ajak Masyarakat Terapkan Konsep Low Carbon City

oleh -23 views
oleh

MAKASSAR — Dalam rapat koordinasi khusus (Rakorsus) Pemerintah Kota Makassar, Camat Wajo, Nimrod Sembe, mendorong pentingnya konsep “Low Carbon City” atau Kota Ramah Lingkungan.

“Mari memberikan inspirasi kepada warga dengan memulai dari diri kita sendiri untuk menerapkan praktik ramah lingkungan,” katanya di sela Rakorsus baru-baru ini.

Camat Wajo menegaskan bahwa kesadaran akan perlunya meminimalkan jejak karbon menjadi sangat penting di tengah tantangan perubahan iklim global.

“Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan tempat tinggal kita. Mulai dari hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari, seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, menggunakan transportasi umum, hingga mendukung energi terbarukan,” ujar Nimrod.

Mantan Sekcam Kecamatan Tallon ini juga mengemukakan langkah-langkah konkret yang dapat dilakukan oleh individu dan komunitas dalam mewujudkan visi Kota Ramah Lingkungan.

“Dengan memulai dari diri sendiri, kita bisa memberikan dampak yang besar. Mari bersama-sama kita jadikan Makassar sebagai contoh kota yang peduli lingkungan dan berkelanjutan,” tambahnya.

Rakorsus tersebut juga menjadi platform bagi para pemangku kepentingan untuk berbagi ide dan pengalaman dalam upaya menjadikan Makassar sebagai kota yang berbudaya lingkungan.

Peserta rapat menyambut baik ajakan dari Camat Wajo, dan berkomitmen untuk turut serta aktif dalam mewujudkan visi Kota Ramah Lingkungan.

Dengan langkah proaktif dari pemerintah setempat dan dukungan penuh dari masyarakat, diharapkan Makassar akan menjadi salah satu contoh sukses dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan mewujudkan keberlanjutan lingkungan hidup di tingkat lokal.

Semoga langkah-langkah kecil ini akan menjadi tonggak awal menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. (**)

The post Camat Wajo Ajak Masyarakat Terapkan Konsep Low Carbon City appeared first on Accarita.