Pemkot Makassar Akan Ajak Masyarakat Berpetualang Kisah Nabi dengan VR Journey

oleh -42 views

MAKASSAR, – Dalam.rangka mengisi bulan kemerdekaan, Pemerintah kota Makassar bakal mengajak masyarakat untuk berpetualang menyaksikan kehidupan Nabi Muhammad saat di Makkah, ketika melakukan hijrah, Isra Mi’raj dan maulid dengan menggunakan teknologi Virtual (VR) Journey.

Mengutip dari Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan InfoTekJar, Nurrizka (2021), VR merupakan teknologi visual yang menyajikan tampilan alam maya sehingga sama persis dengan dunia nyata yang disimulasikan oleh komputer.

Aplikasi VR telah banyak digunakan untuk keperluan game ataupun sebagai alat bantu wisata edukasi.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kota Makassar Moh Syarif mengatakan program VR Journey yang akan dilaksanakan di bulan Agustus ini merupakan bagian dari dukungan Kesra terhadap visi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dalam menjadikan Makassar sebagai kota Metaverse.

Ia pun menggandeng Real Masjid sebagai penyedia VR Journey untuk memberikan wisata edukasi religi kepada masyarakat Makassar.

“Kami akan menghadirkan VR Journey ini untuk masyarakat yang ingin menyaksikan kisah nabi secara virtual dan merasakan kondisi kehidupan para nabi di zamannya,” kata Syarif, Selasa (13/8/24).

Masyarakat yang tertarik menyaksikan VR Journey harus mendaftar melalui link https://bit.ly/VRMakassar.

Pemkot akan memberikan bonus menarik kepada 100 pendaftar pertama.

Setelah kuota terpenuhi, barulah bagian kesra akan mengumumkan jadwal dan lokasi penayangannya.

Syarief berencana akan membuat penayangan tambahan apabila jumlah peminat membludak.

“Kami masih mendata (jumlah pendaftar). Kami akan koordinasikan dengan vendor terkait jadwal dan jumlah tayangan yang diperlukan,” ucap Syarief. (*)