Sentra Gakkumdu Gelar Rakor Samakan Persepsi Soal Pidana Pemilu

oleh -101 views
oleh

Accarita, Bulukumba, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba membangun kolaborasi dan sinergitas dengan berbagai pemangku kepentingan khususnya kepolisian dan kejaksaan yang merupakan bagian dari Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu).

Kolaborasi dan sinergitas dilakukan sebagai upaya menyamakan persepsi soal pidana pemilu.

Koordinator Sentra Gakkumdu Bulukumba, Wawan Kurniawan menjelaskan jika pihaknya terus membangun kolaborasi dan sinergitas dengan pihak kepolisian dan kejaksaan yang tergabung dalam sentra gakkumdu yang menjadi bagian tidak terpisahkan dalam pelaksanaan penindakan tindak pidana Pemilu.

“Bulukumba patut menjadi perhatian, salahsatu hal yang rawan adalah terkait politik uang, ini menjadi tantangan kedepan dalam penegakan tindak pidana pemilu” kata Wawan Kurniawan sat memberikan sambutan pad Rakor Sentra Gakkumdu yang dilaksanakan di RM HDR, Kamis (14/9/2023).

Ditempat yang sama Anggota Bawaslu Bulukumba, Awaluddin menjelaskan jika pihaknya tetap mendahulukan pencegahan agar dapat meminimalisir terjadinya pelanggaran.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Bawaslu Bulukumba sekaligus pembina Sentra Gakkumdu,Bakri Abubakar yang mengatakan sinergitas telah terjalin dengan baik dan sudah sudah terimplementasi dalam penanganan tindak pidana Pemilu baik pada Pemilu tahun 2019 maupun Pemilihan tahun 2020.

“Penegakan hukum tindak pidana Pemilu yang telah dilakukan oleh Sentra Gakkumdu Bulukumba pada Penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 dan Pemilihan tahun 2020 sangat baik, sehingga kedepannya sinergitas yang telah dibangun selama ini dapat berjalan baik pada Pemilu serentak tahun 2024,” katanya.

Merespon hal tersebut, Wakapolres Bulukumba Eddy Sumantry yang turut hadir mengapresiasi dan bersedia membangun kesepahaman dan kesepakatan untuk pelaksanaan penegakan hukum tindak pidana Pemilu serentak tahun 2024.

Samahalnya dengan yang disampaikan Refah Kurniawan perwakilan jaksa mengungkapkan beberapa potensi pelanggaran yang terjadi pada pemilu serent seperti isu sara, ujaran kebencian, hoaks, politik uang, sehingga sangat penting langkah-langkah pencegahan yang dilakukan oleh Bawaslu Kab. Bulukumba.

Hadir dalam rakor tersebut sejumlah personil kepolisian dn kejaksaan yang tergabung dalam sentra Gakkumdu Bulukumba.-(*)

 

The post Sentra Gakkumdu Gelar Rakor Samakan Persepsi Soal Pidana Pemilu appeared first on Accarita.